BIMBINGAN TEHNIS APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMERINTAH DAERAH (SIPD)

Acara Bimbingan Tekhnis Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) merupakan acara pelatihan dari Kementrian Dalam Negeri pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Selatan, dan dibuka langsung oleh Sekertaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Selatan Bapak Yossi Hervandi, SE, MM.

Sebagai Narasumber dari kegiatan Bimbingan Tekhnis ini dari Kementrian Dalam Negeri Bapak Bahri, S,STP. M.Si yang menjabat Direktur Perencanaan Anggaran Daerah, Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri yang didampingi oleh Bapak Vivin Gunawan, S.STP.,M.A, BApak M. Rizky Dhamar Pangestu, dan  Ibu Namira Abda Taqiya.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 3 maret 2022 di Hotel Swarnadwipa Palembang, dan dihadiri oleh Pejabat Eselon III dan IV serta staf pada lingkungan  Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun materi yang dibahas pada kegiatan Bimtek tersebut adalah:

  1. Penatausahaan dan Pelaporan pada Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).
  2. Kebijakan Penganggaran dalam Implementasi pada Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

 

Aplikasi SIPD yang digunakan adalah sipd.kemendagri.go.id. Data yang diinput ke dalam aplikasi SIPD adalah data sudah yang sudah dipetakan sesuai dengan Permendagri No.90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan harus secepatnya menginput SSH (Standar Satuan Harga) yang dilengkapi dengan kode barang sesuai format excel dari Kemendagri.

Tujuan dari Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) adalah meyediakan informasi kepada masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah menghasilkan layanan informasi pemerintahan daerah yang saling terhubung dan terintegrasi berbasis elektronik; meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efisien.

 

 

CREATED : Andy putra Martadinata, ST