COACHING CLINIC ANALISIS JABATAN & ANALISIS BEBAN KERJA PADA BADAN PENGELOLA KEUANGAN DAN ASET DAERAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

Selasa, 20 Desember 2022 Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Selatan melalui Bidang Sekretariat mengadakan kegiatan Coaching Clinic dengan mengangkat tema “Analisis Jabatan & Analisis Beban Kerja“ di lingkungan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan Coaching Clinic kali ini, bertindak sebagai narasumber adalah Ibu Arlini Sutrisno, SE, MM (Kasubbag Umum & Kepegawaian) didampingi Ibu Nurhasanah, SE (Staf Subbag. Perencanaan dan Data Informasi), dan dihadiri oleh Kepala BPKAD Bapak H. Akhmad Mukhlis, SE, M.Si beserta pejabat Struktural, Staf dan pegawai Non ASN di Lingkungan BPKAD Provinsi Sumatera Selatan.

Penyusunan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja dapat digunakan dalam menganalisis kebutuhan pegawai, penetapan kompetensi, dan syarat dari suatu jabatan, serta sebagai indikator kinerja pegawai.

Berdasarkan Permenpan RB Nomor 1 Tahun 2020, menjelaskan bahwa Analisis Jabatan adalah proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan, dan penyusunan data jabatan menjadi informasi jabatan, sedangkan Analisis Beban Kerja adalah teknik manajemen yang dilakukan secara sistematis untuk memperoleh informasi mengenai tingkat efektifitas dan efisiensi kerja organisasi berdasarkan volume kerja.

Dengan diadakannya kegiatan Coacing Clinic mengenai Anjab ABK ini diharapkan agar Pegawai ASN dilingkungan BPKAD dapat mengetahui dan memahami hal-hal sebagai berikut :

  • Apa yang dilakukan Pegawai pada Jabatan itu.
  • Bagaimana cara melakukannya.
  • Alat dan bahan apa yang digunakan dalam pekerjaan tersebut.
  • Apa wewenang dan tanggung jawabnya.
  • Pendidikan dan pengalaman kerja dan latihan kerja apa yang dibutuhkan.
  • Ketrampilan sikap dan kemampuan apa yang dibutuhkan untuk melakukan tugas

tersebut.

  • Berapa lama tugas dikerjakan.

Untuk mengukur beban kerja diperlukan beberapa informasi antara lain :

  1. Rincian / uraian tugas jabatan.
  2. Satuan hasil kerja.
  3. Jumlah waktu yang dibutuhkan setiap tugas.
  4. Target waktu kerja dalam satuan waktu.
  5. Volume kerja merupakan perkalian beban kerja dan waktu.
  6. Waktu kerja efektif.

CREATED : Andy putra Martadinata, ST